Kamis, 05 November 2009

Kalender Pendidikan Jepang



Sekolah di Jepang kebanyakan menggunakan sistem cawu, tapi akhir akhir ini banyak yang menggunakan sistem semester, pembagian sistem cawu adalah sebagai berikut:


Cawu I Awal April - Juli
Cawu II Awal September - Desember
Cawu III Awal Januari - Maret

Upacara penerimaan siswa baru di jepang dilaksanakan bukan April, pada bulan ini bunga sakura berbunga dengan indah dari akhir April s/d awal Mei, ada libur kurang lebih sepekan yang di sebut ゴ-ルデン ウィ-ク(Gooruden wiiku/Golden Week).

Pada Umumnya seragam sekolah ada 2 macam, pemakaiannya disesuaikan dengan musim, seragam musim panas (biasanya lengan pendek) di pakai dari awal Juni sampai dengan akhir September, seragam musim dingin (biasanya kemeja lengan panjang dan jas) dari Oktober sampai dengan akhir Mei. Dimusim panas sekolah sekolah libur panjang mulai akhir Juli hingga awal September. Pada bulan Oktober pada pertandingan olahraga yang disebut dengan たいいくさい (Taiikusai).

Kemudian pada bulan November ada pekan Budaya yang disebut ぶんかさい (Bunkasai), selain 2 kegiatan tersebut, ada kegiatan rekreasi 1 hari yang disebut えんそく(Ensoku), disamping itu ada rekreasi sebelum pelulusan yang disebut しゅうがくクよニう (Shuugakukuyoniu), kegiatan kegiatan tersebut diatas dilaksanakan pada waktu yang berbeda menurut jadwal masing masing sekolah.

Pada akhir Desember hingga awal Januari libur musim dingin. pelepasan siswa yang lulus diadakan pada bulan Maret. Libur musim semi untuk siswa kelas 1 dan kelas 2 berlangsung dari akhir Maret hingga awal April.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar