Kamis, 05 November 2009

Pekerjaan Orang Jepang



Jepang termasuk negara industri terbesar di dunia, dari barang keperluan sehari hari seperti sumpit, sampai industri berat seperti pembuatan kapal, oleh karena itu, banyak orang Jepang yang bekerja sebagai karyawan. Para karyawan perusahaan banyak menghabiskan waktu di kantor, dan seringkali banyak yang menempuh jarak yang jauh dari rumah, ke tempat kerjanya. Sama seperti di indonesia, terkadang perusahaan mengalih tugaskan karyawannya ke cabang di kota lain.

Meskipun perindustrian sudah sangat maju, masyarakat Jepang tidak meninggalkan mata pencaharian primer sepeprti pertanian dan perikanan. Selain itu ada juga banyak bisnis kecil seperti usaha milik keluarga, sanggar seni, restoran kecil, serta toko di lingkungan perumahan. Bisnis demikian acapkali merupakan bisnis keluarga yang diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi.

Komposisi tenaga kerja Jeppang banyak mengalami perubahan. Jumlah perempuan yang bekerja sebagai karyawan tetap di perusahaan mengalami peningkatan di bandingkan sebelumnya. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang berpendapat bahwa sering berpindah kerja itu tidak baik, generasi Jepang saat ini sering berpindah kerja.

Banyak mahasiswa, ibu rumah tangga, dan orang orang yang sudah pensiunan yang melakukan pekerjaan paruh waktu misalnya sebagai petugas kebersihan, penjaga toko, kasir dan sebagainya. Ada juga siswa SMA yang bekerja paruh waktu, namun tidak banyak, karena kesibukan sekolah…

by : Cedrick Kinninson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar