Kamis, 01 April 2010

Narkoba Pintu Neraka


Pada zaman sekarang memang banyak sekali remaja yang berbeda dengan remaja zaman dahulu. Remaja zaman sekarang lebih bebas dalam pergaulan ataupun memilih lingkungan yang pantas baginya untuk dijadikan pelajaran. Remaja zaman dahulu memang sangat patuh kepada orangtuanya dan sangat kaku dalam peraturan. Tidak seperti zaman sekarang, dimana orangtua dan anaknya sudah seperti saudara kandung sendiri. Mereka saling terbuka dan nilai kepatuhan makin berkurang. Mungkin itu dikarenakan terlalu lenggangnya orangtua kepada anaknya.
Yup, sama saja seperti tempat pergaulan mana yang akan menjadikan sang anak. Terutama memilihkan lingkungan yang baik kepada sang anak. Tetapi banyak orangtua yang tidak mempedulikannya. Zaman sekarang, mungkin karena orangtua yang sangat sibuk dan tidak sanggup mengawasi anaknya membuat mental sang anak menurun. Banyak yang menjadi brandalan dan kurang perhatian.
Salah menempatkan lingkungan salah jugalah pergaulan sang anak. Maka dari itu kita harus dapat memilih lingkungan mana yang harus kita pergauli.
Sedikit saja kita tergelincir, banyak juga perkara yang akan kita dapatkan. Contohnya, saat kita mencoba menikmati surga dunia kita akan lupa segalanya. Walau mencoba sekali maka akan ketaghan selanjutnya.
Salah satunya adalah narkoba. Sebenarnya masih ada banyak lagi yang dapat menjerumuskan kita kepada hal yang tidak baik. Moto narkoba ialah “sekali anda mencoba, anda pasti akan ketergantungan” yup, dan itu benar sekali.
Mengapa? karena narkoba merupakan sekelompok zat yang dapat mempengaruhi kerja otak (susunan saraf pusat). Jadi sangatlah berbahaya dan jangan berusaha mencobanya walau hanya sekali saja. Narkoba dapat menurunkan kesadaran, menghilangkan rasa nyeri, mmberikan rangsangan semangat, dan menimbulkan halusinasi atau khayalan-khayalan yang dapat menimbulkan ketergantungan atau kecanduan bagi penggunanya. Narkoba sering juga dikenal dengan istilah NAPZA.

NAPZA ialah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Psikotropika adalah zat atau obat yang bukan narkotika dan dapat berupa buatan dan alamiah. Penggunaan psikotropika dapat menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku. Zat adiktif adalah zat lain selain narkotika dan psikotropika yang dapat menimbulkan ketagihan atau ketergantungan.
Tanda-tanda ketergantungan Narkoba dapat dilihat dari segi fisik, emosi dan perilaku.
*     FISIK
Orang yang ketergantungan narkoba memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut:
v     Mata terlihat cekung.
v     Berat badan turun secara drastis.
v     Terdapat bintik-bintik merah seperti bekas gigitan nyamuk.
v     Mengeluarkan air mata secara berlebihan.
v     Batuk dan pilek berkepanjangan.
v     Sulit buang air besar.


*     EMOSI
Orang yang ketergantungan narkoba memiliki ciri-ciri emosi sebagai berikut:
v     Emosi naik trun.
v     Sensitif.
v     Suka membangkang jika dinasehati.
v     Selalu curiga.
v     Cemas yang berlebihan.

*     PERILAKU
Orang yang ketergantungan narkoba memiliki ciri-ciri perilaku sebagai berikut:
v     Sering berbohong.
v     Selalu kehabisan uang.
v     Suka menjal barang-barang di rumahnya.
v     Suka mencuri.
v     Malas dan kurang bertanggung jawab.
v     Tidak peduli kepada keadaan sekitarnya seperti pada keluarga dan teman-temannya.

Walau begitu kita harus mencegahnya dengan cara menghindari penggunaan narkoba itu. Pertama, kita harus menghindari rokok. Yap, karena rokok adalah pintu gerbang memasuki narkoba. Kedua, kita harus memilih lingkungan pergaulan yang sehat dan mengerjakan kegiatan-kegiatan yang positif karena dapat menghasilkan segala sesuatu yang positif pula. Ketiga, kita jangan lupa berkomunikasi kepada orang tua dan memberitahu masalah-masalah yang kita hadapi ke orangtua, pelarian kepada narkoba tidak akan pernah menyelesaikan masalahmu. Keempat, kita jangan pernah berfikir untuk mencoba narkoba walau hanya sekali saja, karena sekali mencoba kita akan langsung ketagihan, kamu tidak mau terjerumus dalam dunia narkoba bukan?
Jika kita melakukan keempat langkah diatas dalam penghindaran diri terhadap bahaya narkoba, dijamin kita bisa terhindar dari narkoba dan menjalani hidup yang sehat. Karena jika hidup kita sehat dan terbebas dari narkoba maka masa depan kitapun akan cerah. Cita-cita kita dapat tercapai. Maka dari itu, jauhilah narkoba jadikanlah masa depanmu bercahaya.





Angelina Setiani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar